Guru dan Murid


Banyak murid yang bilang "Kau gagal mengajari kami" ketika sang guru bilang "Kalian gagal dalam test kalian", sebenarnya siapa sih yang salah? sang guru atau sang murid? Oke mari saya ajak anda sedikit berfikir dan jangan memihak kepada salah satu dari mereka.

Pertama adalah cari alasan kenapa sang guru bisa bilang "kalian gagal test", ada banyak jawaban dari situ.
- Sang murid memang malas belajar
- Sang murid tidak bisa di bidang tersebut
- Sang murid tidak bisa karena suatu hal (entah apapun itu)
dan ingat kita juga tidak bisa menyalahkan sang murid, coba kita pikir lagi dari segi kejelekan guru.
- Sang guru terlalu singkat menjelaskan
- Sang guru memberikan penjelasan yang sulit di mengerti oleh murid
- Sang guru kurang memahami muridnya
mungkin kalian juga punya alasan tersendiri selain yang saya cantumkan di atas, bahkan setiap orang bisa memiliki alasan yang berbeda dengan orang lainnya. Jadi sebenarnya siapa sih yang salah?

Jawabannya adalah kalian sendiri, tidak peduli kalian guru atau murid yang membaca ini. Jangan selalu merasa bahwa diri anda benar tapi coba lihat diri anda, apakah anda sudah memberikan yang terbaik untuk itu. Jika sudah coba tanyakan pada sekitar mengenai diri anda, karena anda tidak bisa menilai diri anda sendiri begitu saja. Mungkin kalian berfikir bahwa anda sudah berusaha keras dan merasa diri anda sudah melakukan yang terbaik tapi ingat apa yang orang sekitar anda pikirkan tentang anda? apakah sudah sama seperti apa yang anda pikirkan? Jika sama sukurlah berarti anda memang bagus.

Jadi intinya anda tidak bisa mengkoreksi diri anda sendiri dan anda butuh orang lain, tapi itu tidak berarti anda hanya bisa mengandalkan orang lain.

Selamat pagi dan salam hangat.

By : L Shaf

Komentar

  1. Banyak orang sering menyalahkan orang lain ketika dirinya merasa tidak mampu atau gagal akan suatu hal, padahal belum tentu orang lain yang salah. Kita harus mulai sadar diri, bahwa menyalahkan orang lain atas kegagalan kita adalah sia sia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, anda tepat sekali, saya kasih 5 jempol untuk anda :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

40 Kata Mutiara Albert Einstein