Shortcut APP

Setelah 3 hari tidak posting sesuatu karena bingung mau posting apa, akhirnya saya menemukan ide untuk membagikan ilmu yang saya punya. Yah walaupun sedikit tapi saya harap dapat berguna untuk kalian. Kalian tahu shortcut kan? ituloh jalan pintas, jadi dengan shortcut ini anda bisa lebih mudah membuka menu yang anda inginkan tapi ini adalah web base jadi bukan untuk aplikasi desktop, mengingat saya hanya bisa sedikit tentang website dan lebih sedikit lagi di desktop.

Seperti facebook yang sudah memiliki shortcut memberikan kalian kemudahan dalam mengoperasikan facebook, itupun jika kalian tahu shortcutnya dan sering menggunakannya. Saya tidak membahas shortcutnya facebook tapi saya kasih tau cara membuatnya, untuk kali ini saya gunakan library JQuery agar lebih mudah di pahami. Berikut source codenya :

HTML
<span id="x">No Status</span>

JS
$(document).keydown(function(e){
	var keys = e.keyCode ? e.keyCode : e.which;
	if(keys == 13 && e.ctrlKey){
		$("#x").html("run - "+keys);
		return false;
	}else if(keys == 83 && e.ctrlKey){
		$("#x").html("save - "+keys);
		return false;
	}
	$("#x").html(keys);
});

Untuk html itu hanya penampung kode tombol yang anda tekan. Sedangkan untuk JS nya lah yang utama dari semuanya. $(document).keydown adalah fungsi untuk menjalankan function(e) ketika tombol di tekan. e.ctrlKey akan mengembalikan nilai true jika tombol CTRL anda tekan dan kode 13 adalah tombol enter. Jadi intinya jika kalian menekan tombol CTRL + ENTER maka akan menjalankan code di bawahnya. Begitu juga dengan else if di bawahnya, kode 83 adalah tombol "S" pada keyboard. Tapi inget ya saya menggunakan library JQuery jika anda tidak bisa mengoperasikannya mungkin anda belum memasukkan library tersebut. Males bikin sendiri? saya sudah menyiapkannya secara online http://ljs.almsware.net/keyevent/ tinggal coba di result saja kok, jika ingin merubah source codenya silahkan kemudian anda tekan CTRL + ENTER atau kllik tombol RUN di header untuk melihat hasil yang telah anda rubah.

Selamat Malam dan Salam Hangat.

By : L Shaf

Komentar

  1. nice artikel gan.. keep walking

    BalasHapus
  2. L keren ya, jago pemrograman html.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak juga kok. saya masih belajar dan belum tau banyak ^_^.

      dan terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus
  3. mantap templatenya, dapat di mana nih??
    btw dah saya follbek ya :D
    from
    www.ruang-unduh.blogspot.com

    mari saling komen sesama blogger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok saya dapet ambil punya orang gan :D
      thanks udah follow

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]