Satu Langkah Maju Menjadi Programmer


Kenapa judul kali ini "Satu Langka Maju Menjadi Programmer" ? Karena saya menganalisa selama ini banyak orang IT di Indonesia menjadi programmer hanya setengah-setengah. Kenapa bisa di bilang setengah-setengah? Karena mereka banyak mengetehaui bahasa pemrogaman tapi tidak satupun bahasa pemrogaman yang mereka kuasai dengan penuh, jadi yang penting tau dan bisa. Itu semua terjadi pada kebanyakan pelajar dan mahasiswa sekarang, walau tidak semua tapi lumayan banyak dari pada orang yang bisa menguasai 1 atau lebih bahasa pemrogaman.

Suatu pagi ketika saya mengetik artikel ini, saya ingat kata-kata guru saya "Lebih baik menguasai satu dari pada tahu banyak" maksudnya lebih baik baik anda menguasai hanya 1 bahasa pemrogaman saja dari pada anda mengetahui banyak bahasa pemrogaman tapi tidak menguasai salah satu dari mereka, percuma kan kalau udah tau banyak tapi hanya sekedar tau saja. Ada baiknya kalau anda sudah mengetahui banyak anda memfokuskan 1 saja bahasa pemrogaman tersebut untuk anda kuasai sepenuhnya.

Berikut saran dari saya untuk kalian agar kalian bisa menguasai 1 bahasa pemrogaman lebih cepat dari yang biasanya, ada beberapa hal juga yang tidak bisa kalian lakukan sendiri nantinya. Oke langsung saja ke pointnya :

1. Pilih
Pilihlah bahasa pemrogaman yang anda suka untuk jangka panjang. Kenapa jangka panjang? Karena terkadang beberapa orang suka bahasa pemrogaman tersebut hanya dalam jangka pendek alias mereka hanya suka karena ingin tau saja, bukan ingin menguasai bahasa pemrogaman tersebut. Ketika seseorang hanya ingin tau bahasa pemrogaman tersebut dan ketika orang tersebut sudah mengetahui bagaimana pemrogaman tersebut bekerja, orang tersebut akan merasa bosan.

2. Pelajari dan Coba
Pelajari dasar dan syntax bahasa pemrogaman tersebut dan cobalah mengaplikasikan syntax tersebut ke program anda. Jadi kalau anda ingin mencoba syntax selalu cobalah dengan contoh yang sederhana karena itu sangat membantu anda ke depannya. Saya sendiri telah membuktikannya setiap saya lupa bagaimana cara kerja syntax tersebut, saya selalu membuat contoh simpel mengenai syntax tersebut. Ketika contoh simpel tersebut bekerja, baru saya implementasikan dalam aplikasi saya.

3. Analisa
Analisa adalah suatu hal yang sangat penting untuk melangkah ke depan dari Beginner Programmer. Kenapa seperti itu? Karena ketika anda menjadi seorang Programmer Analyzer anda bisa lebih hebat dari Programmer tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena seorang Analyzer lebih teliti dan peka terhadap suatu bahasa pemrogaman dan mereka bisa saya bilang HEBAT karena mereka bisa memahami alur dan cara kerja suatu program yang dikerjakan oleh orang lain. Mereka bisa mengetahui logika yang di implementasikan ke dalam program tersebut dan suatu saat Program Analyzer bisa mengembangkan program yang di buat oleh Programmer menjadi lebih baik. Dan saya sendiri sudah membuktikan ini.

4. Logika
Master Programmer dan Professional Programmer bisa saya bilang hampir tidak memiliki perbedaan walau setau saya jabatannya masih tinggi Professional Programmer. Kenapa? Karena mereka sama-sama bisa menggunakan dan telah menghafal sangat banyak sekali syntax dalam 1 / lebih bahasa pemrogaman. Jadi apa yang membedakan mereka? yaitu Logika. Professional Programmer memiliki Logika lebih dari Master Programmer. Professional lebih bisa mengembangkan dan mengefisiensikan suatu program sedemikian dengan logika yang mereka punya. Sedangkan Master Programmer juga bisa tapi tidak bisa lebih efisien dari Professional Programmer.

Mungkin yang bisa saya berikan untuk kalian hanya itu saja, Semua tergantung anda mampu dan mau kah anda melakukan semua itu. Jika ada salah mohon komentarnya agar saya tahu kesalahan yang saya buat. Semoga artikel ini berguna untuk anda.

Selamat pagi dan tunggu artikel terbaru dari saya besok.

By : L Shaf

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]