Hasil dan Proses


entah kenapa akhir-akhir ini saya memposting yang seperti ini, bukannya share ilmu atau yang lain. Jujur saya sendiri kurang mengerti, tapi inilah ideku saat ini. Mungkin bisa berguna buat anda sekalian.

Oke hasil dan proses, pastinya kalian sudah tau artinya, hasil akan terlihat ketika kita sudah melakukan proses dan berusaha, dan proses tersebut adalah jalan menuju hasil yang akan anda capai. Terkadang orang lain lebih membutuhkan hasil dari pada proses, padahal yang lebih penting dari pada hasil adalah proses, kenapa? Hasil bisa kita capai dengan instan saat ini, tanpa kita mengetahui bagaimana prosesnya hasil pun bisa terlihat, dan kenapa saya bilang proses lebih penting dari pada hasil? Karena proses adalah jalan bagaimana caranya kita mencapai hasil kita. Proses memberikan kita banyak pengalaman dan ilmu, bahkan proses tersebut bisa saja hanya anda yang mengalaminya dan itu lebih berharga dari apapun juga.

Setelah saya membaca buku motivasi, saya sadar akan sesuatu yaitu : Pengalaman bukanlah guru terbaik. Kenapa? Di banyak buku yang telah saya baca dan orang sering bilang Pengalaman adalah guru terbaik, akan tetapi ketika sadar suatu hal saya berubah pikiran dan hal tersebut memang benar "Pengalaman Bukanlah Guru Terbaik". Memang benar, karena jika kita hanya mendapatkan pengalaman lalu tanpa memproses pengalaman tersebut menjadi ilmu atau apapun maka pengalaman tersebut adalah sia - sia. Kesimpulan saya yang paling terpenting adalah proses dari pengalaman tersebut. Jadi ketika anda mendapatkan suatu pengalaman dan memproses pengalaman tersebut dalam otak atau hati atau bahkan keduanya, itulah sesuatu yang paling terpenting dan berharga untuk diri anda dan mungkin berharga untuk orang lain juga.

Oleh karena itu proses lebih penting dari pada hasil walau terkadang hasil lebih penting dari pada proses di suatu saat. Yang terpenting adalah proses dari usaha anda pasti akan membuahkan hasil walau terkadang hasilnya kurang maksimal, akan tetapi hasil tersebut akan mencapai maksimal jika usaha anda maksimal juga tentunya.

By : L Shaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]