Belajar itu....


ehmm belajar ya~~ ehmmm malas ah mending main aja. itulah ucapan anda ketika sedang malas belajar hehehe benar ga?? terkadang saya sendiri juga begitu. sebentar lagi yang SMK / SMA akan menghadapi UAN. Yang awalnya belajarnya jarang-jarang sekarang makin lebih sering lagi belajarnya walau ga masuk ke otak pelajarannya paling ga pernah baca la, tar juga ngerti kok pasti.

oke kenapa saya posting ini?? karena menurut saya belajar sesuatu yang tidak kalian suka itu sama aja dengan kalian manjat pohon yang banyak durinya, gak akan bisa nyampe ke puncak. Maka dari itu sebelum kalian belajar tanyakan ini pada diri kalian sendiri :

  1. Untuk apa kalian belajar??
  2. Apa yang anda dapat setelah belajar??
  3. Apakah anda bisa mempelajarinya??
  4. Bagaimana cara anda mempelajarinya??
  5. Jika anda menemukan masalah bagaimana cara menyelesaikannya??

sepertinya cukup itu saja sebelum kalian belajar. Klo aq sendiri sih jujur males belajar klo udah ga suka pelajarannya. Klo udah gitu cuman 1 penyelesaiannya dan ini tergantung kalian sendiri mau ngelakuin atau ga. Kalian ga usah belajar cuman cukup dengerin temen anda membaca materi pelajaran dan klo ada yang ga ngerti langsung tanya aja, itulah cara paling efektif buat saya.

dan sekarang saya mau cerita nih klo udah suka ama 1 pelajaran tersebut pas udah belajar dan ada sesuatu yang ga ngerti malah bkin saya penasaran, bukannya bkin tambah males tapi malah bikin ngga bisa tidur mikirinnya hehehe. karena pelajaran yang saya suka adalah pemrogaman, saya akan sedikit cerita lagi ketika saya mempelajari sesuatu dan ga bisa malah bikin penasaran, sebelum saya cerita maaf ya klo ga ngerti hehe. Pertama ketika saya membuat suatu aplikasi logika dan algoritma pemrogamannya sudah sesuai dan harusnya bisa, akan tetapi kok hasilnya tidak sesuai harapan?? setelah berfikir berulang-ulang sampai akhirnya menemukan ide dan melakukan beberapa percobaan simpel akhirnya bisa, ya efek sampingnya yang lumayan membuat kepala saya pusing tapi setelah berhasil dalam hati saya berkata "YES BERHASIL!!". Ketika anda mempelajari sesuatu dan menemukan hasilnya pasti anda mendapatkan ilmu baru dan suatu kesenangan tersendiri buat anda walaupun terkadang jika anda mengatakan kata tersebut ketika dalam keramaian teman anda berkata "kamu gpp?? kok tiba2 teriak kyk orang gila".

itulah pengalaman saya, semoga untuk anda sekalian artikel ini berguna dan bisa memberi anda motivasi dan semangat untuk kembali belajar sebelum ujian yang sebenarnya datang hehe.

nb : walau udah posting kayak gini saya masih santai saja dan masih tidak belajar hehehe karena menurut saya kalau kita belajar ketika ada ulangan berarti pelajaran yang selama ini anda terima adalah sia - sia. berbeda ketika kalian mencoba ingin mengingatnya kembali. ujian yang akan kalian hadapi adalah ujian untuk menguji anda apakah selama ini pelajaran yang kalian terima sudah anda terima dengan baik?? ^_^

By : L Shaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]