Create Bootable USB Flash Drive to Install Win 8

halo kawan-kawan blogger sekalian dan para pembaca setia blog saya hahaha (kayak udah terkenal aja :D). yoh kali ini saya akan berbagi ilmu bagaimana cara membuat FD bisa bootable master win 8 buat install di laptop kalian. sedikit cerita dari saya yang penasaran kenapa FD saya tidak bisa di pakai untuk booting master win 8 sedangkan FD teman saya bisa hanya dengan mengcopy master win 8 ke FDnya dan hasilnya berhasil, akan tetapi dengan cara yang sama tidak bekerja terhadap FD saya.

Dengan rasa penasaran akhirnya saya bergoogling ria untuk mendapatkan informasi dan beberapa kali mencoba dan menginstall aplikasi untuk itu dan berakhir dengan gagal. akhirnya saya menemukan caranya. cara ini hanya bisa bekerja pada windows karena syntaxnya menggunakan syntax windows. berikut daftar kebutuhan yang harus anda siapkan :

- Win 8 / Win 7 / Win XP [tested on windows 8 dan untuk xp saya tidak yakin klo syntaxnya ada]
- Flash Drive 8 GB
- ISO master windows 8
- Daemon buat mount ISOnya [Windows 8 ga usah pake] untuk windows 7 dan xp silahkan pake daemon kalau tidak bisa mount ISOnya.

OK sekarang langsung stepnya :
- Mount ISOnya pake daemon klo windows 8 tinggal dobel klik
- Masukkan / Colokkan USBnya
- Start CMD as Administrator
- ikuti syntax di bawah ini
  - diskpart
  - DISKPART> list disk                                 /* menampilkan disk yang aktif */
  - DISKPART> select disk #                         /* # adl nomor USB FD anda */
  - DISKPART> clean                                     /* Menghapus semua partisi yang ad d USB */
  - DISKPART> create partition primary     /* membuat partisi utama pada USB */
  - DISKPART> select partition 1                 /* memilih partisi yang paling utama */
  - DISKPART> active                                    /* membuat partisi aktif */
  - DISKPART> format FS=NTFS                 /* memformat USB menjadi NTFS */
  - DISKPART> assign                                   /* memberikan volume dan alamat drive pada USB */
  - DISKPART> exit                                        /* EXIT */
- sekarang cara membuat FD menjadi bootable
  - masuk ke dalam folder boot win 8 yang telah anda mount. sebagai contoh alamat drive boot windows 8 ada di E:\boot\ maka ketikkan syntax E:\ kemudian cd boot dan anda sudah masuk pada folder boot E:\boot>
  - ketikkan bootsect /nt60 F:     /* F: adalah alamat drive USB FD anda */
- dan syntax terakhir adalah mengcopykan semua isi yang ada pada ISO ke USB FD dan berikut syntaxnya
  - XCOPY E:\*.* F:\ /E /F /H
  - Tunggu hingga proses selesai dan proses ini memakan waktu yang agak lama

oke sampai di situ saja caranya dan ketika proses selesai restart PC anda dan boot USB anda dan tara~~~ USB anda sudah bootable dengan master windows 8. terima kasih telah membaca artikel saya dan semoga bermanfaat buat anda dan sampai jumpa di posting selanjutnya.

Sumber : [msdn.com]

By : L Shaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]