Ceritaku dan Sejarahku

selamat tahun baru bagi agan-agan blogger setia. sudah lama rasanya tidak posting sejak terakhir postingan saya di bulan Desember 2012 dan tidak terasa sekarang sudah bulan Januari 2013. ya kawan-kawan blogger setia yang selalu mengunjungi blog saya ini yang biasa - biasa saja dan mungkin isinya bisa bermanfaat buat kawan-kawan blogger atau semua orang yang sudah membaca konten blog saya. Kali ini saya akan menceritakan sejarah perjalanan saya di waktu dulu hingga sekarang bisa menjadi programer walau belum hebat banget paling tidak bisa 1 bahasa pemrogaman.

Perjalanannya saya mulai ketika saya masih duduk di bangku SMP kelas 2 di SMPN 5 Kepanjen (sekalian promosi mantan sekolah saya). Pertama kali saya di tawari oleh guru yang mengajar saya MS Off*ce dulu sewaktu SD kelas 6 yaitu di beri master VB 6.0 dan 1 source code lengkap tentang projeknya. Awal saya melihat dan menginstallnya pada PC saya pentium 3 yang jadul banget, saya tidak mengerti sama sekali ini untuk apa dan bagaimana?? Pada awalnya saya hanya bisa membuat form dan mengutak atik tapi belum bisa memfungsikannya alias belum mengerti yang namanya Coding, sampai ketika saat itu saya bertemu dengan guru SMP namanya Bu Dhebys saya manggilnya dulu yang sedang menginstall VB 6.0 dan saya sedikit bertanya begini :
L : "bu apa VBnya ada MSDN helpnya?" (seingat saya gitu)
D : "ohh ga ada. kamu tau dari mana VB??"
L : "dari guru saya dulu bu"
D : "ohh gitu ya. klo mau nanya-nanya kesini aja"
L : "iya bu"

Nah sejak saat itu saya saat istirahat di waktu SMP kelas 2 waktunya saya habiskan bersama bu Dhebys. Setelah beberapa lama saya tidak minta di ajarkan tapi saya cuman melihat bagaimana sih VB dan minta di ajari tapi malah di beri buku VB poto copy an biru tebel pula. Nah saat itulah saya pertama kali mengerti bahasa pemrogama VB 6.0. Akhirnya beberapa aplikasi yang ada di buku tersebut berhasil saya buat dan saya jalankan. Berkali-kali iseng membuat aplikasi dan gagal berkali-kali tapi sampai akhirnya berhasil berjalan tanpa error dan seingat saya sampai kena marah si Ibu karena udah larut malem bukannya tidur tapi malah asik membuat aplikasi dari VB dan mengasah logika saya.sampai akhirnya berhenti sejenak karena ada sesuatu yang membuat saya tertarik yaitu "VIRUS KOMPUTER". Nah ini juga saya ceritakan, sebenarnya saya agak lupa, dulu itu saya belajar VB dulu atau tertarik dengan virus dulu hehehe tapi sudahlah itu cerita 5 tahun yang lalu dari saat ini saya posting artikel jadi hal yang wajar. pertama kali saya tertarik dengan virus karena komputer saya terkena virus dari Flashdisk yang dulu lagi marak yaitu Sality. Pada awalnya saya bingung bagaimana cara membersihkan virus ini?? dan saya pun meminta bantuan orang dan terinstall ulanglah wind*ws di PC saya. yaa dulu masih pake Wind*ws X*. ketika saat itu sudah selesai saya bertanya-tanya pada diri saya, "Bagaimana cara kerja virus?? Apa itu virus?? kenapa virus bisa merusak OS??" waktu demi waktu akhirnya terjawab sudah semuanya dan yang jelas ga akan saya tulis di sini hehehe. Pertama kali mempelajari virus yang saya lakukan adalah mendownload sampel2 virus seperti VBS / BATCH / Virus Maker dan kemudian saya jalankan di kompi warnetnya hehehe, tapi sebelumnya AVnya saya matiin dulu dan saya analisa apa efek virus tersebut, setelah dapat semua informasinya saya buka sourcenya pake notepad dan alhasil saya ga ngerti sama sekali apa yang ditulis hahaha. akhirnya saya mulai berburu artikel mengenai "Bagaimana cara membuat virus VBS / Batch" setelah menemukan sumber refrensi yang banyak saya mencoba memahami setiap syntax dan akhirnya sampai saat itulah saya mengerti yang namanya VBS dan Batch. Tak lama kemudian ketika sudah memahami semuanya, saya langsung membuat virus saya sendiri menggunakan ke2 bahasa tersebut akan tetapi kenapa AVnya bisa mendeteksi virus saya?? padahal saya benar2 membuatnya berbeda dengan yang lain dan Akhirnya saya membuat ide agar tidak bisa terdeteksi dan tidak beberapa lama saya menemukan virus EXE dan tidak bisa terdeteksi oleh AV lokal tapi untuk AV import tetep kena detek. Saya langsung mempunyai pemikiran "oh iya bagaimana klo saya buat dari VB 6.0" dari situlah virus EXE pertama saya telah selesai dengan cepat karena bahasa VB 6.0 hampir persis dengan VBS jadi saya tinggal mengkonvert saja dari bahasa script ke GUI. Sampai sini saja cerita saya untuk Virus dan untuk Antivirusnya saya juga pernah buat, itu juga tidak saya tulis juga karena kalau di tulis semua pasti jadi panjang ceritanya nanti hahaha.

OK lanjut ke cerita selanjutnya tapi saya kurang terlalu ingat tepatnya kapan dan kelas berapa yang jelas saya masih duduk di bangku SMP. Untuk pertama kalinya saya mengenali bahasa pemrogaman berbasis website yaitu HTML. Dulu awal saya diajarin cuman dikasih tau sedikit mengenai dasarnya dan diberi 1 Modul HTML berformat PDF yang berisi tentang cara membuat tabel yang saya ingat dan tentunya ada lagi selain itu cuman saya kurang begitu ingat detailnya. Pada hari pertama belajar saya cuman disuruh membuat Tabel yang bervariasi dan dalam waktu 6 jam kurang lebih saya menyelesaikannya. Keesokan harinya langsung saya setorkan huahahaha (bangga banget). Pelajaran HTML selesai sampai itu saja dan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu PHP. metode pembelajaran yang sama cuman untuk yang satu ini seingat saya, saya sering bertanya karena memang bahasa baru bagi saya. Pertanyaan demi pertanyaan menyerang ibu guru yang baik hati hahahaha, penelitian demi penelitian saya coba, sumber demi sumber saya telusuri dan sampai akhirnya saya lulus dari SMP saya berbekal bahasa pemrogaman VB, HTML, PHP, VBS dan Batch .

Itu saja yang mau saya ceritakan bagaimana saya bisa bahasa pemrogaman. sebenarnya saya juga mau ceritain pengalaman saya di SMK PGRI 3 jurusan Pemrogaman yang saat ini saya jalankan. tapi sebenarnya hanya pengembangan saja sampai mengerti bahasa baru hehehe. Apakah itu?? kapan-kapan jika saya mood bercerita dan menulis artikel lagi saya tuliskan disini. OK sampai disini saja artikel dari saya semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel di blog saya. salam sejahtera buat programmer Indonesia dan salam untuk kawan-kawan seperjuangan saya dulu.

Great Thanks to :
-Mbak Dhebys
-Kholis
-Nasrul
-Samuel
-Satrya
-dan teman2 seperjuangan dulu yang tak bisa ku sebut namanya satu persatu

By : L Shaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]