Mari Belajar Assembly

hai kawan-kawan blogger. kali ini kita akan membahas bahasa dewa dalam sejarah programing (lebay).
sebenarnya bahasa assembly ini bahasa tingkat rendah kok. jadi pembelajarannya tidak susah bagi yang "PAHAM" (mohon bisa dibaca lagi yang jelas tulisan dalam petiknya :D). jujur saja saya pertama kali lihat pemrogaman assembly ini rumit. sudah ga ada mood mau belajar ga ada motivasi atau dorongan.

dulu saya pernah berpikir buat apa sih assembly kalo cuman buat nampilin tulisan diDOS aja susah??? eh ternyata setelah belajar saya ngerti yang namanya memory atau apa lah dalam istilah assembly itu :D. sedikit saya jelasin tentang assembly yang saya kopas dari wikipedia. apa sih assembly itu??

Bahasa rakitan atau lebih umum dikenal sebagai Assembly adalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Bahasa rakitan mengimplementasikan representasi atas kode mesin dalam bentuk simbol-simbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia. Berbeda halnya dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang berlaku umum, bahasa rakitan biasanya mendukung secara spesifik untuk suatu ataupun beberapa jenis arsitektur komputer tertentu. Dengan demikian, portabilitas bahasa rakitan tidak dapat menandingi bahasa-bahasa lainnya yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Namun demikian, bahasa rakitan memungkinkan programmer memanfaatkan secara penuh kemampuan suatu perangkat keras tertentu yang biasanya tidak dapat ataupun terbatas bila dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.
Pada bahasa rakitan, programmer umumnya menggunakan sebuah program utilitas yang disebut sebagai perakit (bahasa Inggris: assembler) yang digunakan untuk menerjemahkan kode dalam bahasa rakitan tersebut ke dalam kode mesin untuk perangkat keras tertentu. Sebuah perintah dalam bahasa rakitan biasanya akan diterjemahkan menjadi sebuah instruksi mnemonic dalam kode mesin, berbeda halnya dengan kompiler pada bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menerjemahkan sebuah perintah menjadi sejumlah instruksi dalam kode mesin.
Beberapa perangkat lunak bahasa rakitan terkenal biasanya menyediakan tambahan fitur untuk memfasilitasi proses pengembangan program, mengontrol proses perakitan, dan alat bantu "debugging".
nah itu sekilas kata mbak wiki. langsung aja nih capcus bahan dan source codenya biar langsung paham. jujur saya pribadi ga suka yang namanya TEORI. tapi bagi yang ga tau mau gimana lagi klo dasarnya ga belajar dari teori :P.

Bahan - Bahan (sekali lagi kita akan memasak #woi)  :

  1. TASM (nih ga usah susah nyari di gugel dah ane sediain. nyarinya susah lo aplikasi ni. coba aja klo nda percaya. download)
  2. Notepad / Notepad ++ klo ada (klo mau pke notepad++ cari aja digugel klo kgk punya)
  3. Komputer / Laptop (wajib)
  4. Persiapan mental (awas jgn main2 ma assembly soalnya bs bkin pc / laptop hang hahahahaha XD #MampusLu)
  5. Secangkir kopi atau teh (klo haus biar bs minum)
  6. Lagu Terserah sesuka anda yang pnting bs bkin enjoy :D
udah bahannya segitu aja. jangan banyak2 biar ga lama2 nyiapinnya. nah sekarang bisa langsung di masak saja bahan-bahannya (woi mang mau masak makanan(?) :P) becanda bentar hahahaha. oke sekarang langsung saya kasih source codenya buat nyetak huruf "A". wah simpel ya. buat apa belajar klo cuman buat nyetak huruf A. kan di lainnya ada kek PHP pke "echo"(mang lu kira apaan assembly ini) nih jangan kaget aja ya klo rada panjang :D. berikut source codenya :

         .MODEL SMALL ;klo smpet ane post entar pnjlasnnya.
         .CODE ;klo smpet ane post entar pnjlasnnya.
         ORG 100h ;klo smpet ane post entar pnjlasnnya.
Proses :  
         MOV  AH,02h   ; Nilai servis ntuk mencetak karakter 
         MOV  DL,'A'   ; DL = Karakter ASCII yg akan dicetak 
         INT  21h      ; Cetak karakter !! 
         INT  20h      ; Selesai ! kembali ke DOS 
END      Proses 

nah tuh buat nyetah huruf "A"  doang. penjelasan coding udah saya tulis juga di codenya jadi saya g usah jelasin lagi ya(bilang aja males XD)

nah klo udah ditulis gitu simpen aja jadi [terserah apa kata yg bkin].asm klo udah tinggal compile dah pke aplikasi yang udah di download tadi. caranya gini

  1. buka command prompt
  2. usahakan compiler ma file yang mau dicompile jadi 1 folder biar gampang
  3. klo udah masuk command prompt dan masuk folder file langsung ke next step
  4. tasm [terserah apa kata yg bkin]
  5. tasm akan otomatis mengecek file extensi asm yang akan dicompile
  6. tlink /t [terserah apa kata yg bkin]
  7. tlink juga sama saja.
  8. [terserah apa kata yg bkin].com
  9. maka output akan keluar "A"
nah untuk code diatas hanya bisa buat 1 character loh ya. hurufnya bisa diubah terserah anda yang ada dalam petik. klo mau lebih dari 1 huruf pke interupsi 16H trus dijadiin array pke LEA. eits terlalu cepet. ini dulu aja lah buat hari ini. soalnya bbrp yang di atas belum saya jelasin dgn detil. mungkin klo dari kalian ada yang ditanya akan saya jawab. sekian sharing dari saya kawan. sampai ketemu di postingan selanjutnya lagi.

salam programer, anime lover(apa nyambungnya XP)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]