Instalasi SMS Gateway


cing cang cung apa kabar para blogger setia, khususnya bagi followed blogspot saya :D. kali ini saya akan memposting tentang instalasi SMS Gateway yang baru saja diajarkan oleh teman saya hahaha. biar ga lupa langsung ditulis aja diblogspot saya sekalian berbagi dengan teman-teman semua.


Bahan yang dibutuhkan (mang lo kira mau masak ape :D *biar ga terlalu serius*) :
1. Modem GSM Unlock (kalu ga ngerti yang unlock tanyakan kpd mbah gugel :D)
2. Aplikasi Gammu yang bs di download di sini

langkah - langkahnya (mau blajar jalan ye kok pke langkah XD):
1. install aplikasi gammu yang telah anda download
2. masukin MODEMnya ke dalam port USB (g usah pikiran aneh2)
3. klo udah konek modemnya coba cek portnya
4. untuk mengecek portnya klik kanan pada my computer di atas Drive C pada explorer
5. lanjut klik yang manage trus klik aja yang tanda merah pada gambar di bawah ini

6. trus dobel klik modem anda. nah trus ada banyak tabs tuh pilih aja modem. di sana pasti tertulis PORTnya
7. klo udah tau portnya sekarang masuk ke folder gammu. harusnya klo udah di install gammunya ada di C:\gammu
8. nah sekarang cari file yang namanya gammurc, bukanya pake notepad
9. gantikan port yang ada di text dengan port yang kamu liat tadi di computer management tadi
10. nah sekarang klo udah semua buka command prompt (Let's begin with black and white screen :D << Gaje)
11. masukkan code "cd C:\gammu" << maksud dari codenya memfokuskan folder cmd ke folder gammu di C:\
12. trus buat ngecek modemnya udah terdetek belum ketikkan code "gammu identify"
13. klo udah kedetek muncul data modem mu
14. test dengan kirim sms caranya : gammu sendsms TEXT {notujuan} -text "{pesan}"
contoh klo ga ngerti : gammu sendsms TEXT +6285443326786 -text "Halo sayang"
15. coba cek smsnya udah masuk belum. jika udah maka SUKSES

nah sudah sampai di sini saja tutorialnya. karena waktu saya terbatas juga untuk menulis artikel ini karena sebuah kesibukan hehehe (sok sibuk :D) mungkin pada artikel selanjutnya saya akan mempost artikel auto reply.

jika ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya (kek presentasi aja)
wassalam

L Shaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan Jam Server dengan Javascript dan PHP

Mind Breaker

数字言語 [Suuji Gengo]